Bagi kita sebagai umat manusia tentu saja pasti membutuhkan kendaraan sebagai alat transportasi untuk berpergian ataupun pekerjaan lainnya. Diantara kendaraan tersebut ada motor, mobil, truck, crane, forklift dan lain-lainnya. Sebagai alat transportasi, kendaraan tentu saja memiliki masa pakainya, sebagian dari kita pasti mengingkan kendaraan yang kita miliki dapat bermasa pakai yang lama, awet, tidak mudah rusak ataupun sebagainya. Maka sebab itu, tentunya kita membutuhkan pengetahuan mengenai cara merawat kendaraan tersebut, pada artikel ini saya akan menuliskan beberapa cara merawat kendaraan forklift.

Ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk merawat kedaraan forklift, diantaranya pengecekan ketka sebelum mesin itu dihidupkan dan ketika saat mesin sudah dihidupkan tetapi sebelum melakukan pekerjaan.

Cara Merawat Kendaraan Forklift

Pengecekan Sebelum Mesin Dihidupkan

  1. Memeriksa oli mesin dan ketinggian air.
  2. Selanjutnya adalah memastikan bahwa tangki bahan bakar sudah terhubung dengan benar dan memiliki bahan bakar yang cukup.
  3. Melakukan pengecekan terhadap level cairan pendingin, rem dan hidrolik.
  4. Kemudian memeriksa cairan silinder dan selang, dikhawatirkan nantinya ada kebocoran.
  5. Memastikan bahwa filter udara sudah bersih
  6. Selanjutnya, pengoperasian rem. Ini harus bekerja dengan lancar tanpa kelambatan atau pemblokiran.
  7. Kemudian pastikan bahwa baterainya telah terisi penuh, bersih dan dalam kondisi yang baik, tanpa kabel yang terbuka atau tutup ventilasi yang tersumbat. Cari tanda-tanda kebocoran asam baterai atau perubahan warna. Periksa level air baterai.
  8. Carilah komponen-komponen yang hilang, entah itu fork, selang, baut ataupun komponen lainnya.
  9. Periksa ban dari kerusakan atau keausan. Kerusakan ban dapat menyebabkan terpental, yang berdampak pada stabilitas beban.
  10. Setelah itu, periksa tekanan ban. Ban forklift membutuhkan tekanan inflasi yang relatif tinggi untuk membantu menstabilkan beban berat. Ban yang kurang angin dapat menyebabkan traksi dan selip yang buruk.
  11. Kemudian pastikan sabuk pengaman dan semua peralatan keselamatan operator lainnya, termasuk pelindung keselamatan, dalam kondisi baik.\
  12. Periksa sangkar pengaman untuk setiap retakan atau lasan yang rusak.
  13. Terakhir, periksa tiang pengangkat dan bagian bergerak lainnya dari kebocoran cairan, retak, atau keausan yang tidak wajar.

Baca Juga : Komponen Pada Kendaran Forklift

Pengecekan ketika saat mesin sudah dihidupkan tetapi sebelum melakukan pekerjaan.

  1. Dengarkan bunyi mesinnya, apakah terdengar suara-suara aneh atau tidak.
  2. Selanjutnya, pastikan lampu, klakson, bel peringatan, dan alarm cadangan berfungsi dengan baik.
  3. Kemudian, memeriksa semua pengukur
  4. Memeriksa pengoperasian tuas pengangkat, kemiringan, dan attachment dan dengarkan suara yang tidak biasa yang mungkin mengindikasikan keausan pada tiang dan roda idler.
  5. Pastikan kompartemen operator bebas dari kotoran. Itu harus memiliki salinan manual pengguna dan, untuk banyak mesin, pemadam api yang diisi.
  6. Terakhir, konsultasikan manual pengguna untuk item pemeriksaan harian tambahan.

Itulah beberapa cara merawat kendaraan forklift, harapannya ketika Anda telah membaca artikel ini, Anda dapat langsung mengaplikasikannya kepada forklift kesayangan Anda agar nantinya kendaraan kesayangan Anda yang satu ini tidak mudah rusak atapun memiliki permasalahan yang berat dan pada akhirnya harus mengalami perawatan yang memakan biaya terlalu besar.

Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk penyewaan alat berat, hungi nomor berikut! 081317000098 (Fadjar Siddiq)

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *